TopMenu

Senin, September 01, 2014

Petualangan Kecil Di Wana Wisata Sukamantri Bogor

Rasanya jenuh banget keseharian berkutat dengn urusan rumah tangga, cucian, masak memasak, anak-anak ehehehe... boleh dong ya sekali sekali melepas lelah dengan menyalurkan hobby eh salah memanjakan diri dengan kegiatan yang kita suka ;)
Nah jadi ni hari minggu kemarin sepulangnya suami dari tugas di Tinjil, saya nagih janji suami buat ngajak main ke hutan eh salah ke tempat yang bernuansa alam gitu,
pengennya sih naik gunung tapi kondisi yang tidak memungkinkan jadi diajak lah kita ke Sukamantri, Ciapus - Bogor.
Wana Wisata Sukamantri ini letaknya di kaki Gunung Salak, dengan pemandangan yang membuat kita sejenak  beristirahat dari hiruk pikuk perkotaan dan melepas kepenatan dari rutinitas didapur :-P
Petualangan kluarga di minggu pagi itu diawali dengan mampir di rumah temen yang letaknya tidak jauh dari Wana Wisata dan Bumi Perkemahan Sukamantri, jaraknya hanya sekitar 1 km.  Disana sudah menunggu temn kami sekelurga yang datang dari Jakarta dan siap untuk ikut petualangan ke ikut petualangan kecil
Kita sempat makan dan ngobrol ngalur ngidul dulu ni di rumah temen. Alhamdulillah dapat sarapan yang maknyusss banget deh.... ada rawon tempe, ayam goreng, nasi kuning, gorengan usus dan dilengkapi lalapan pete juga sambelnya ehehhehe.....
Setelah perut penuh,siap deh melanjutkan perjalanan, kita rombongan ni terdiri dari 3 keluarga kecil dengan menggunakan sepeda motor kami melanjutkan perjalanan sampai di perbatasan antara pemukiman penduduk dan Wana Wisata Sukamantri.  Dari situ kami melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki. Kami meninggalkan sepeda motor untuk dititipkan di rumah penduduk, karena rute perjalanan menuju Wana Wisata Sukamantri itu berbatu sedangkan kami membawa pasukan kecil (anak-anak), jika memaksakan diri dengan menggunakan motor lumayan agak beresiko juga.  Selain itu dengan menempuh perjalanan dengan berjalan kaki, kita jadi lebih bisa menikmati keindahan alam :-)
Dalam hati sempet sih kepikiran duh pasukan kecil ini sanggup ga ya jalan sampai ke atas? Siap siap deh untuk gantian gendong.  Eh ternyata ni jangan underestimate deh sama pasukan kecil, ternyata mereka sanggup loh :-) dengan keriangannya, celotehannya mereka jalan sambil terus bertanya ini itu, terkadang kita hatus berhenti sesaat hanya untuk lihat air yang mengalir atau hanya untuk mungut buah pinus yang berjatuhan hehehe.....
Setelah sekitar 1/2 jam perjalanan sampailah kami Di Wana Wisata Sukamantri, setelah bertegur sapa dengan petugas Kami beristirahat di warung sambil ngemil, maklum lah perjalanan dengan anak-anak mesti full makanan.
Setelah perut kembali terisi, kami melanjutkan petualangan kecil kami, tadinya sih mau ke curug surya kencana
, tapi setelah berjalan 30 menit, jalan setapak mulai menyempit dan agak beresiko untuk anak-anak, suamiku memutuskan untuk mencek terlebih dahulu jalur selanjutnya hingga ke curug. Menurut suamiku setelah kembali untuk mencek, jalur selanjutnya jauh lebih sulit untuk anak-anak, jalurnya semakin sempit dan licin, akhirnya kami pun memutuskan untuk kembali ke camping ground. Dan memutuskan untuk bermain saja disana, anak anakpun bermain disana bermain air, berlarian dan mengumpulkan buah pinus.
Ada beberapa pemandangan yang cukup membuat dahi saya sedikit berkerut, saya melihat ada sekelompok macaca yang turun sampai ke camping ground dan mengambil makanan dari tumpukan sampah sisa sisa makanan, ada beberapa pertanyaan yang terlintas di benak saya, apakah mereka (macaca) itu turun karena sudah tidak ada makanan di atas sana, atau karena mereka sudah terbiasa lebih mudah mendapatkan makanan disini di arwa camping ground?
Eh tapi ada juga pemandangan unik yang sempat membuat saya tersenyum juga, ketika saya melihat sebuah mobil lewat dan berpenumpang para anak anak muda, dan di bagian belakang mobil tergantung plastik plastik tempat sampah, saya seneng deh liatnya, karena menurut saya itu menandakan para pemuda itu betul-betul menjaga alam, dengan tidak meninggalkan sampah yang akan mengotori keindahan alam. Itu pendapat saya sih :-)
Setelah waktu menunjukkan pukul 2 siang dan anak anak berganti pakaian yang basah, kamipun pulang. Owh iya sebelom pulang tetep yaa menyempatkan diri berfoto bersama :-D
Petualangan kecil kami pun diakhiri dengan berjalan kaki kembali menuju tempat kami menitipkan sepeda motor, dan Alhamdulillah anak-anak pun tetap semangat selama perjalanan.
Jam menunjukkan pukul 3 sore ketika kami sampai ke rumah teman kami yang tadi dan kami lagi-lagi disuguhi makanan, Alhamdulillah, tau aja deh kalau perut kami sudah kembali keroncongan. Untuk mengganjak perut sebelom makan siang yang tertunda kami menikmati gorengan yang masih hangat, setelah itu dilanjut dengan makan besar dengan menu bakso malang, yeaaaayyyyy sedaaappppp....... ^_^
Setelah perut terisi sekarang waktunya pulang karena besok anak-anak sekolah dan para orangtua kembali pada rutinitasnya maka kami pun berpamitan pada sang empunya rumah yang telah kami repotkan hehehhee.... makasi banyak ya temen-temen untuk hari yang indah ini :-)
Nanti kita kembali menikmati petualangan petualangan kecil yang indah bersama-sama lagi yaaa... ^_^